Okapi

okapi

Okapi adalah hewan langka yang dinyatakan hampir punah
okapi berwarna biru dan sangat panjang hingga bisa
menggapai matanya. selain itu, okapi juga mempunyai
pendengaran yang sangat tajam dan bisa mendeteksi musuh
seperti, singa. Hewan ini baru diketahui oleh penduduk setempat
pada tahun 1901. Panjang tubuhnya antara 2-2.5 meter, berat
200-250 kg.
Hewan ini suka mencari makan pada malam hari.
Masa mengandung okapi 420-450 hari dan bayi yang lajir
mencapai berat 14-30 kilogram. Hewan ini pernah diduga akibat
hasil persilangan antara zebra dan jerapah. Lebih anehnya lagi,
hewan ini hanya membutuhkan tidur hanya lima menit dalam satu
hari saja. benar-benar hewan yang unik dan aneh yang pernah
ditemukan. (Sinar harapan/Wikipedia/Yulisa farma)

Satu lagi spesies fauna unik. Kali ini tim konservasionis secara tak sengaja menemukan hewan aneh menyerupai jerapah di Taman Nasional Virunga, Congo, Afrika. Keberadaan hewan aneh tersebut sesungguhnya sudah dicurigai sejak tahun 1959. Namun karena jarang terlihat dan sulit dideteksi, maka eksistensi hewan yang dinamakan okapi ini masih menjadi tanda tanya.
Survei teranyar yang dilakukan WWF dan Institut Congolais pour la Conservation de la Nature (ICCN) telah berhasil menemukan jejak 17 ekor okapi. Berarti okapi memang nyata ada, hanya populasinya kian susah dijumpa.
Bernama latin Okapia johnstoni, mamalia ini endemik hutan hujan Ituri, Afrika. Walau belang-belang hitam putih di tubuhnya mirip zebra, ilmuwan menyatakan bahwa okapi lebih berkerabat dengan jerapah. Keberadaan okapi jarang diketahui orang di luar Kongo. Baru pada 1901, sejumlah pemerhati lingkungan menemukannya, namun itu pun masih sangat sedikit.
Warna dasar okapi adalah hitam dengan garis-garis putih pada bagian kaki belakangnya. Dari jauh sepintas okapi mirip zebra. Warna belang ini disinyalir sebagai alat identifikasi induk okapi terhadap anaknya. Selain itu juga berfungsi sebagai kamuflase bagi hewan pemangsanya.
Bentuk tubuhnya sendiri mirip jerapah, tapi dengan leher sedikit lebih pendek. Ciri khas okapi lainnya adalah lidahnya yang berwarna biru dan sangat panjang. Cukup panjang hingga mampu menggapai matanya. Dengan lidah ini okapi membersihkan mata dan telinganya. Selain itu okapi juga memiliki pendengaran yang sangat tajam untuk mendeteksi keberadaan predator utama mereka, singa.
Panjang tubuh okapo antara 2-2,5 meter dengan berat 200-250 kilogram. Mamalia unik ini memangsa dedaunan, rumput, buah dan jamur. Mereka adalah hewan nokturnal, mencari makan di malam hari. Masa mengandungnya 420-450 hari. Bayi okapi lahir dengan bobot 14-30 kilogram. Lama tidur yang dibutuhkan okapi hanya lima menit saja dalam satu hari. Benar-benar hewan unik yang sangat langka.

sumber : http://www.sinarharapan.co.id/berita/0606/12/ipt05.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: