Ironhide

Ironhide (Rhino di Kanada, Falco di Italia, Vasököl (Ironfist) di Hungaria) adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia merupakan salah satu komandan perang Autobots sekaligus tangan kanan dari Optimus Prime di serial Transformers 1980 dan film laga Transformers 2007.

Serial animasi

Desainer karakter Transformers kartun merancang tubuh Ironhide untuk jadi salah satu ikon dalam Transformers. Ia dirancang sebagai salah satu petugas keamanan dan komandan perang Autobots, sekaligus merupakan tangan kanan dari Optimus Prime. Bersama Prowl dan Jazz, tim kecil Ironhide ini merupakan salah satu tim taktik perang Autobots dalam menghadapi Decepticons. Ironhide berteman baik dengan Chromia, seorang Autobots wanita. Selian itu ia juga sangat dikagumi oleh Carly, istri Spike Witwicky.

Dalam episode “More Then Meets the Eyes” Ironhide menjadi asisten Bumblebee saat menghentikan aksi Rumble yang berencana membuat banjir, kemudian ia sempat menjadi beku saat Dcepticons mencuri alat temuan Wheeljack yang mampu membekukan apa saja, sebelum akhirnya Carly mengacaukan system alat tersebut, dan membuat Ironhide aktif kembali. Bahkan Ironhide juga menjadi salah satu Autobots yang berhasil menyelamatkan Carly saat ia tertangkap oleh Decepticons.

Ironhide juga sempat membahayakan dirinya saat mencoba menyelamatkan Optimus Prime dari tembakan
ironhide2

pistol Megatron. Saat itu Megatron sebenarnya akan menembak Optimus, namun berhasil dilindungi Ironhide, sehingga menyebabkan Ironhide terluka. Ratchet kemudian memperbaiki Ironhide, dan sempat mengancam akan mencabut sirkuit bicara Ironhide jika ia terus bicara selama proses perbaikan.

Dalam “A Prime Problem”, Ironhide untuk pertama kalinya menjadi pemimpin Autobots saat terdapat dua Optimus Prime, dimana salah satu Optimus merupakan ciptaan cloning dari Megatron.

Ironhide merupakan salah satu robot Autobots yang terbunuh dalam The Transformers: The Movie. Ia tertembak oleh meriam besi Megatron dalam satu tembakan saja. Ada rumor yang berkembang bahwa Ironhide dulunya adalah Dion, yang merupakan teman baik Orion Pax (Optimus Prime), namun menurut cerita versi Dreamwave, Ultra Magnus merupakan re-inkarnasi dari Dion yang sesungguhnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: