Okapi

2087_okapi
Okapi (Okapia johnstoni) adalah mamalia dari Hutan Hujan Ituri di Afrika Tengah.ilmuwan menyatakan bahwa okapi lebih berkerabat dengan jerapah. Keberadaan okapi jarang diketahui orang di luar Kongo. Baru pada 1901, sejumlah pemerhati lingkungan menemukannya, namun itu pun masih sangat sedikit.
Warna dasar okapi adalah hitam dengan garis-garis putih pada bagian kaki belakangnya. Dari jauh sepintas okapi mirip zebra. Warna belang ini disinyalir sebagai alat identifikasi induk okapi terhadap anaknya. Selain itu juga berfungsi sebagai kamuflase bagi hewan pemangsanya.

Bentuk tubuhnya sendiri mirip jerapah, tapi dengan leher sedikit lebih pendek. Ciri khas okapi lainnya adalah lidahnya yang berwarna biru dan sangat panjang. Cukup panjang hingga mampu menggapai matanya. Dengan lidah ini okapi membersihkan mata dan telinganya. Selain itu okapi juga memiliki pendengaran yang sangat tajam untuk mendeteksi keberadaan predator utama mereka, singa.

Panjang tubuh okapo antara 2-2,5 meter dengan berat 200-250 kilogram. Mamalia unik ini memangsa dedaunan, rumput, buah dan jamur. Mereka adalah hewan nokturnal, mencari makan di malam hari.

Masa mengandungnya 420-450 hari. Bayi okapi lahir dengan bobot 14-30 kilogram. Lama tidur yang dibutuhkan okapi hanya lima menit saja dalam satu hari. Benar-benar hewan unik yang sangat langka.

Perang dan perburuan

Kehidupan liar di hutan-hutan Kongo terancam karena perang sipil. Banyak spesies liar yang menurun drastis karena perburuan yang berlebihan. Habitat Okapi di bagian Timur Kongo berada di wilayah konflik yang berlangsung selama bertahun-tahun. Para aktivis lingkungan di Kongo telah berusaha keras mempertahankan hutan-hutan yang menjadi tempat hidup Okapi.

Penemuan kembali Okapi sebulan setelah pemilihan umum di negara Afrika tersebut menjadi sinyal positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembangunan berkelanjutan untuk melindungi hutan dan komunitas lokal terbayarkan sudah.

Okapi biasanya tumbuh hingga sepanjang 2,5 meter dan tinggi 2 meter. Meskipun memiliki garis-garis hitam putih di kakinya seperti Zebra, Okapi lebih dekat kekerabatannya dengan Jerapah.

Sebelumnya, hewan tersebut diduga hanya tersisa di Okapi Wildlife Reserve di bagian Timur Kongo. Beberapa ekor Okapi juga dipelihara di berbagai kebun binatang.

Sumber :
http://www.kompas.com
Rabu, 14 Juni 2006 – 14:00 wib

2 Responses to “Okapi”

  1. Assalamu’alaikum wr wb…

    Praise be to Alloh the Al Mighty.. Subhanalloh I just knew bout ‘Okapi’, I like the color and it’s so cute I guess.. Thanks for d info, it is very usefull because it gives new knowledge for d reader (esp me) .. Keep writing and share ur tipz to make a good blog to me hehhe..

    c ya’……

    Wassalamu’alaikumwrwb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: