Fauna

01golden-cat

Sebagian wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat adalah wilayah Tanah Rejang. Salah satu hewan yang nyaris punah (Endangered) adalah Kucing emas yang saat ini benar benar di khawatirkan populasinya di Dunia. Tak banyak data yang admin peroleh tentang hewan ini,kecuali mendapatkan gambar kucing tersebut untuk di publikasi agar masyarakat luas mengenalnya, karena di dunia penelitian juga datanya tidaklah banyak. Mari sama sama kita membantu melestarikan satwa ini , terutama masyarakat yang berada di sekitar TNKS,agar kita dan anak cucu kita masih bisa melihatnya.

Kucing Mas

Deskripsi

Kucing emas ini lebih mirip puma daripada jenis harimau hutan Asia lainnya. Ciri yang membedakan dari lima jenis lainnya yang berada di dalam taman nasional adalah warna bulunya yang seluruhnya polos tanpa pola. Walaupun warna dominan adalah coklat keemasan, kucing emas mungkin bisa berwarna coklat tua atau abu-abu. Jenis kucing emas yang paling langka di taman nasional ini adalah yang seluruhnya berwarna hitam (black panther – macan kumbang) yang tidak ada di Sumatera.

GOLDEN Cat atau kucing emas kini hampir tak dapat lagi kita jumpai atau kita lihat karena hewan ini sudah hampir punah bersamaan dengan punahnya hutan habitat mereka, di mana mereka tinggal dan berkembang biak di Asia dan di Afrika.

Kucing emas dari Asia sejak lama dianggap sangat dekat dengan spesies kucing emas dari Afrika. Namanya saja sudah menunjukkan betapa indah dan cantiknya kucing ini, yang badannya dibungkus bulu yang berwarna keemasan, meskipun mungkin bulunya itu juga tampak berwarna kecoklatan, abu-abu atau merah keemasan cerah.

Sebagaimana saudaranya kucing biasa, binatang ini kadang-kadang terlihat belang-belang tanpa menghilangkan warna spesifiknya. Binatang ini agak panjang dibanding dengan kucing biasa dan tidak pernah ditemui dengan warna hitam seluruhnya. Bagian belakang bundaran telinganya ada garis hitam pendek. Garis putih yang dibatasi warna putih terdapat di pipinya, yang muncul dari sudut bagian dalam matanya. Bagian perutnya selalu berwarna lebih terang dibanding bagian pinggulnya.

Lebih besar dari sepupunya dari Afrika, kucing emas Temminck Asia berukuran sebesar anjing. Ada lagi yang disebut Fishing Cat yang ditemukan di beberapa bagian dunia lainnya, yang ukurannya juga agak serupa.

Wozencraft, dalam penjelasannya yang kontroversial mengenai sistim klasifikasi mengenai binatang ini tahun 1993 menganggap kucing emas Temminck adalah jenis Catopuma, bersama dengan kucing teluk Borneo yang dikatakannya merupakan salah satu versi dari kucing Temminck (Wozencraft 1993) juga. Kucing emas Afrika terpisah dari dua spesies itu dan kini berdiri sendiri dengan jenis (genus) Profelis. Semua kucing-kucing ini diklasifikasikan sebagai Felis.

Info dari TNKS :

Kucing Emas (Felis temmincki)

Kucing Emas merupakan jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini, sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi jenis ini, termasuk populasi mereka di dalam kawasan. pola hidup satwa ini belum diketahui secara jelas tidak seperti jenis kucing hutan lainnya.

Bulu berwarna mulai dari pirang coklat muda sampai hitam. Pada bagian kepala dan bagian bawah ekornya terdapat garis putih yang dapat dilihat dengan mudah. pada tahun 1996, melalui Photo Trapping, Untuk pertama kalinya berhasil terpetret seekor kucing Emas yang berwarna hitam pekat.

Satwa ini dapt ditemukan mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 2.000 m dpl. Hidupnya tidak sesoliter jenis kucing yang lain dan sering terlihat bergerak dalam kelompok, keluarga atau berpasangan. Umumnya satwa ini bergerak di daratan meskipun mereka pandai memanjat dan aktif disiang hari, meskipun mereka pemburu yang ulung di waktu malam. Lokasi yang diperkirakan merupakan habitatnya adalah Tandai dan Gunung Seblat.

Info dari Taman Nasional Batang Gadis :

kucing emas (Catopuma temminckii).Kucing langka ini berukuran tubuh cukup besar dengan panjang tubuh total dapat mencapai 1,3 meter dan berat 15 kilogram. Kucing emas merupakan jenis satwa yang dilindungi dan diketahui ada di TNBG.

Kucing congkok (Celis bensalensis). Semua jenis kucing liar pada umumnya mirip dengan kucing kampung bentuk tubuhnya dan sama-sama mempunyai 28-30 gigi. Ciri yang membedakannya adalah ukuran, panjang ekor dan pola wama. Biasanya tubuhnya berwana kekuningan dengan bintik hitam di seluruh tubuh bagian atas termasuk ekor. Biasanya hidup secara noctumal atau aktif malam hari dan terestrial. Terkadang aktif juga di pepohonan kecil. Makanannya meliputi mamalia kecil dan serangga besar.

3 Responses to “Fauna”

  1. waduuuuuuuuuuh panjang banget aku mau buat tugas jadi….jangan panjang2

  2. gw pernah liat kucing emas di jalanan gw kira itu kucing biasa
    gw udah 3 kali ngeliat
    soalnya die lewat di depan rumah gw teruzz

  3. heroemaknyus Says:

    wah w ga tau tuh kalau ada kucing warna emas!!!
    kira-kira ada ga yach kucing warna pink?
    he he he he he……
    emangnya antum punya kucing emas yach
    berapa karat??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: